Gejala Covid 19 Subvarian EG.5: Mengungkap Virus Mematikan

Gejala covid 19 subvarian EG.5 kini tengah kembali marak di berbagai negara di Asia, termasuk negara Singapura dan Malaysia. Pasalnya, di Singapura baru saja terjadi kembali varian virus covid 19 terbaru yaitu subvarian EG.5. Departemen Kesehatan Singapore (MOH) mencatat peningkatan permasalahan yang signifikan pada hari sabtu lalu. Peningkatan ini mencapai dua kali lipat dari permasalahan terdahulu. Di perkirakan, telah tercatat sebanyak 22094 permasalahan ini berlangsung pada 19-25 November 2023. Permasalahan ini bertambah sebanyak 2 kali lipat dari 10.726 sebelumnya. Sebagian besar dari kasus tersebut disebabkan oleh subvarian Omicron EG.5 dan KH.3. Kedua varian inilah yang banyak ditemukan pada masalah sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi seluruh masyarakat untuk mengetahui gejala covid 19.

Gejala Covid 19 Subvarian EG.5

Gejala Covid 19 Yang Umum Ditemukan

Covid 19 terkenal karena kemampuannya untuk bermanifestasi dalam berbagai cara, sehingga sulit untuk diidentifikasi. Meskipun demam dan batuk merupakan gejala yang umum diketahui, ada beberapa indikator diam lainnya yang sering luput dari perhatian. Mengenali gejala-gejala ini dapat membantu dalam deteksi dini dan intervensi medis segera, seperti berikut:

  • Ruam Kulit Misterius

Salah satu gejala Covid 19 yang kurang diketahui adalah munculnya ruam kulit yang misterius. Ruam ini bisa bermacam-macam ukuran dan warnanya, mulai dari bercak merah hingga gatal-gatal kecil. Mereka mungkin muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, kaki, dan badan. Jika Anda melihat adanya ruam atau kelainan kulit yang tidak diketahui penyebabnya, penting untuk mempertimbangkan kemungkinan COVID-19.

  • Sakit Kepala Yang Tidak Dapat Dijelaskan

Sakit kepala adalah penyakit umum yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, jika Anda mengalami sakit kepala secara terus-menerus tanpa alasan yang jelas, itu mungkin merupakan gejala diam dari Covid 19. Sakit kepala ini mungkin berbeda dari sakit kepala tegang biasa, seringkali lebih hebat dan disertai gejala lain seperti kelelahan atau nyeri tubuh.

  • Masalah Gastrointestinal

Covid 19 telah dikaitkan dengan gejala gastrointestinal, termasuk diare, mual, dan muntah. Meskipun gejala-gejala ini tidak hanya terjadi pada Covid 19, gejala-gejala tersebut, terutama yang disertai dengan tanda-tanda lain, tidak boleh diabaikan. Jika Anda mengalami masalah pencernaan yang berkepanjangan, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut.

Penting untuk diperhatikan bahwa gejala Covid 19 ini dapat bervariasi dari orang ke orang, dan tidak semua orang mungkin mengalaminya. Namun, menyadari potensi indikator ini dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan demi kesehatan sendiri dan orang sekitar.